Penyebab Hardisk Tidak Terbaca serta Solusinya!

Pernah mengalami HDD atau Harddisk Drive tidak terbaca oleh bios atau sistem operasi di komputer. Tentunya jika yang pernah mengalami hal tersebut pasti kebakaran jenggot, karena mengira data-data atau dokumen yang ada di harddisk akan musnah. Namun jangan panik berlebihan, ada cara untuk mengatasinya. Secara Umum, harddisk yang tidak terbaca atau terdeteksi kemungkinan karena tidak terdeteksi oleh bios, kelasahan dalam memasang kabel bios, piringan Harddisk tidak berputar, kesalahan memasan jumper atau kemungkinan paling buruk adalah harddisk memang benar benar sudah rusak.



1. Harddisk tidak terdeteksi BIOS
Ketika anda masuk BIOS ternyata hardisk tidak terbaca, kemungkinan yang terjadi adalah kesalahan pada pengaturan atau setting pada BIOS tersebut, dimana Harddisk disetting OFF atau DISABLE pada akhirnya harddisk tidak terbaca, SOLUSINYA adalah dengan mengatur harddisk dalam keadaan ON atau ENABLE.
2. Kesalahan pada Pemasangan Kabel Harddisk
Kesalahan kecil ini sering terjadi jika anda kurang memperhatikan pada saat pemasangan kabel harddisk, seperti pin yang bengkok atau patah , kabel bengkok, kesalahan memasang yang tidak sesuai dengan tempatnya, atau kabel putus. SOLUSINYA anda harus memasang ulang kabel yang menghubungkan Harddisk dengan mainboard dan power supply dengan hati hati dan seksama, serta perhatikan kabel, apakah kabel masih dalam keaddan baik atau tidak.

3. Piringan Harddisk tidak berputar
Kemungkinan piringan harddisk tidak berputar adalah aliran listrik yang kurang memadai, atau memang tidak ada aliran listrik yang masuk. Solusinya adalah coba periksa ulang kabel power hardisk apakah dalam keadaan baik , coba tukar dengan kabel power yang lainnya, namun jika piringan masih tidak berputar kemungkinan terjadi kesalahan pada harddisk itu sendiri.
4. Kesalahan pemasangan Jumper.
Kesalahan ini mungkin jarang terjadi, namun jika terjadi kesalahan pada pemasangan jumper tentunya harddisk akan bermasalah, apalagi memasang pin di master dan slave sekaligus dalam satu harddisk, berikut ini gambar pemasangan jumper yang benar.

Selain kesalahan seperti diatas, mungkin ada penyebab atau faktor lain yang membuat harddisk tidak terbaca, sebaiknya jika ada tidak terlalu paham dengan permasalahan harddisk tanyakan ke service center terdekat, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah . (KSK)

Semoga Bermanfaat :)

Related Posts:

  • Promo Hosting GRATIS selama satu tahun!
  • 35 Responses to "Penyebab Hardisk Tidak Terbaca serta Solusinya!"

    1. Kalau untuk hardisk laptop yang tidak terbaca bagaimana solusinya, padahal sudah enable pada biosnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. coba update driver hddnya, kalau masih belum bisa coba bongkar laptopnya terus dicoba di computer lain atau pake hdd external case untuk memastikan apakah hdd dalam keadaan baik

        Delete
      2. Cek tegangan 5 volt untuk hardisk.

        Delete
    2. ini yang saya cari dari kemarin gan. yang ane masih bingungin gimana kalo ga dipasangin jumper gan? apa bisa?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sepertinya anda bisa memperbaiki sendiri

        Delete
    3. Om , sy punya hardisk lalu sy colokin ke netbook sy. Ikonnya sudah nampak tapi data datanya ngak ad yang kelihatan. Tolong bantuin dong om

      ReplyDelete
      Replies
      1. Apakah di windows explorer sudah ada icon external disk nya?
        kalau datanya tidak kelihatan bisa jadi karena virus
        dan satu lagi , saya belum om om :D

        Delete
    4. gan tanya,, kalau hardisk kadang terdeteksi kadang tidak itu gimana ?
      makasih gan :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. kemungkinan pemasangan harddisk yang belum benar, cek kabel nya atau harddisknya sudah berumur

        Delete
    5. Lepi saya sekarang tidak terdeteksi lagi hardiskny gan
      Ceritanya begini saya lagi enak memainkan lepi saya ,tiba tiba lepi saya bluescreen setelah restart muncul operasi sistem not found , mau saya instal ulang eh ternyata hardisknya tidak terdeteksi
      Gimana gan solusinya?

      ReplyDelete
    6. Kak kalo tulisan USB unrecconize itu gimana?

      ReplyDelete
    7. kalau hardish terbakar bagaimana

      ReplyDelete
    8. Harddisknya udh ada di devices, tpi filenya kok ngga ada ya kak ? Trus kalo di command prompt hasilnya isn't recognized. Mohon bantuannya, makasih :))

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba Klik Kanan > Properties, apakah ada keterangannya?

        Delete
    9. kalau punya saya kok harddisknya tidak terdeteksi pilihan boot pada bios, tapi kalau di sata terdeteksi, tolong pencerahannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maksudnya adalah, kalau pada menu bios yang lain HDD nya terdeteksi, akan tetapi setelah masuk ke menu Boot pada Bios kok hardisknya tidak terdeksi, kira-kira gimana solusinya agar HDD tersebut bisa muncul kembali di Menu Boot Bios?
        Supaya setelah restart instalasi windows 7 bisa kita ganti Boot nya dengan hardisk.
        Terima kasih sebelumnya dan kalau bisa kirim jawabannya ke E-mail ramdhan8450@yahoo.co.id

        Delete
    10. Kalau mau ngecek kabelnya gimana?

      ReplyDelete
    11. ASK:
      Saya punya HDD Internal laptop yang di buat jadi Eksternal, Sudah hampir satu tahun saya pakai tidak terjadi apa"

      Tapi tiba" HDD nya tidak bisa terdeteksi, itu gimanaya?

      apakah sama dengan cara diatas? (-_- ?)

      ReplyDelete
    12. Mau tanya gan. Lepi sy asus klo dinyalain mnta reboot terus. Dan hdd gk terdeteksi di bios. Pdahal gada gejala apa2 sebelumnya. mohon pencerahannya gan.. makasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. coba bongkar laptop anda, cek apakah kabel ke hdd terkoneksi dengan baik. jika masih tidak terdeteksi lepas hdd lalu coba hdd tersebut ke komputer lain bisa menggunakan kabel usb (di bikin hdd ext) atau dengan kabel sata

        Delete
    13. Gan sya punyak hardisk laptop dan saya jadikan hdd eksternal.
      Sebelumnya masih bagus bagusnya, tpi waktu saya mau pke lagi udh g terdeteksi, gada muncul notifikasi apa2.
      Itu gmna gan? Udh saya cobak ganti kabel tapi tetap g bisa. Tapi LED masih nyala, hdd masih bergetar.
      Aneh butuh datanya :(
      Mohon bantuannya gan

      ReplyDelete
    14. Gan ceritanya kan mau benerin laptop, booting mulu ga mau masuk windows, nyoba pake linux D kebaca, C nya unMount. Terus dicoba backup data di C, hardisknya dijadiin external, tapi ga kedetect gan. Abis itu ada bunyi "tit tit tit" kaya detik jam gitu di hardiskny. Pas dipasang lgi ke laptop malah ga kedetect semua. Itu kenapa ya gan? Ada solusinya kah selain dikubur dalem2? 😢

      ReplyDelete
    15. Bro, ni hardisk punya aku kedip2, trus piringan ga berputar, kira2 masalahnya apa ya?
      Udah ganti kabel sama juga hasilnya..

      ReplyDelete
    16. ane mau tanya nih gan hdd ane bunyi terus.. udh gitu skrng pas di reebot itu star windowsnya lama pas udh 5-10 menitan bluescreen terus reboot lagi.. udh di chek sama temen ane udh masih good semua blom ada ban atau warning.. minta solusinya gan..

      ReplyDelete
    17. gan untuk kondisi nomor 3,namun jika piringan masih tidak berputar kemungkinan terjadi kesalahan pada harddisk itu sendiri.
      solusinya apa lagi ya gan, untuk hardisk itu sendiri ?

      ReplyDelete
    18. Om kabel konektor hardisk laptop saya putus itu gimana cara memperbaikinya ? Apa harus beli lagi ? Mohon pencerahannya

      ReplyDelete
    19. gan mau nanya. hardisk eksternal saya gk kebaca. pertama masukin bunyi gt sbntar. trus saya coba d control panel di pilihan divicenya ada tp gk kebaca juga. mohon bantuannya. banyak file penting :(

      ReplyDelete
    20. gan ane mau tanya,,,ni laptop gue koq pas di buka dokumen lemot banged ,sama kapasitas hardisk na gak mau kebaca,cuman data nya masih ada...

      ReplyDelete
    21. Mau tanya gan. Saya baru beli kabel usb sata. Saya coba colokkan kabel usb sata dengan hardisk external ke pc. Setelah tersambung hardisk externalnya tdak terbaca di explorer, itu kenapa gan, mohon pencerahannya gan ?

      ReplyDelete
    22. Kagak Bisa Gan Saya Coba Pas Di BIOS
      Auto-Detected Pri Master 1st :DVD ROM
      Auto-Detected Pri Slave 2nd :Not Detected
      Auto-Detected Pri Master 3rd :HDD Hardisk

      pas Pengen Mulai Malah Ada Pesan

      Reboot And Select Proper Boot Device
      Or Insery Bootmedia In Selected Boot Device And Press Key

      Cari Solusinya

      ReplyDelete
    23. Kak saya mau tanya.. saya punya hardis.. 2 partisi c sama d dan saya ingin beckup datanya.. tapi saat saya lihat pakek aplikasi hiren boot cd nggak bisa masuk langsung bluscreen saat masuk ke windows xp mini nya.. padahal aq uda coba ganti pakek cd hiren+ versi hiren yg lain.. padahal hardis ini baru 1 bulanan ganti..

      ReplyDelete
    24. Saya mau tanya, kalo laptop tiba2 mati trus waktu dinyalain lagi malah muncul operating system not found. Itu kenapa ya? Dan solusinya gmn? Terimakasih

      ReplyDelete

    Dilarang komentar spam, rasis, dan mengandung link. Komentar anda tidak langsung muncul karena harus kami moderasi, jadi cukup komentar satu kali saja.