Cara Menyembunyikan File atau Folder

Terkadang komputer kita tidak hanya digunakan untuk diri sendiri, ada kalanya teman atau kerabat meminjam komputer kita. Sehingga mereka bisa mengakses apapun yang ada komputer, namun beberapa file seperti dokumen, foto, atau video tidak ingin diketahui oleh teman atau kerabat kita, karena file-file itu penting atau privat. Karena itu kita ingin menyembunyikan file-file atau data tersebut. Berikut ini cara menyembunyikan / hide file atau folder.

1. Menyembunyikan file/folder dengan Windows Explorer

Cara ini paling mudah, pertama-tama kita buka Windows Explorer (atau File Explorer di Windows 8). Anda bisa membuka Windows Explorer menggunakan tombol pintas keyboard yaitu tekan tombol "Windows" dan "E" secara bersamaan. Kemudian cari file atau folder yang ingin anda sembunyikan. Setelah file atau folder yang ingin kita sembunyikan ketemu kemudian klik kanan pada file atau folder tersebut kemudian pilih "Properties". Pada tab General lihat pada baris attributes , centang pada bagian "Hidden" lalu klik OK.

2. Menyembunyikan file/folder dengan Command Prompt (CMD)

Cara yang kedua sedikit lebih rumit daripada cara yang pertama. Langkah pertama adalah tekan tombol Windows dan R secara bersaman untuk membuka jendela Run. Kemudian ketikkan kata "cmd" (tanpa tanda petiik) lalu tekan tombol Enter. Berikutnya akan terbuka jendela command prompt atau cmd. Sebelum itu anda harus tahu letak file atau folder itu berada. Contohnya folder dengan nama "Rahasia" berada di folder "Penting" yang ada di Drive E. Untuk menyembunyikan folder tersebut ketik perintah attrib lalu diikuti dengan "+h" , lalu diikuti path atau alamat folder. Jadinya "attrib +h E:/Penting/Rahasia" kemudian tekan tombol keyboard Enter. Jika folder itu di drive D maka menjadi "attrib +h D:/Penting/Rahasia" . 

Namun filde atau folder yang disembunyikan diatas dapat mudah diketahui atau akses dengan mengubah  pengaturan yang ada di Control Panel. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menambahakan "+s" setelah kata attrib, menjadi "attrib +s +h E:/path_folder". Namun anda harus mengingat dimana anda menyembunyikan file atau folder tersebut karena jika lupa maka anda akan susah untuk menampilkan file atau folder tersebut.
Sebaiknya anda berhati hati dalam menyembunyikan file atau folder, yang penting atau yang rahasia saja yang disembunyikan, Untuk cara menampilkan file atau folder yang disembunyikan akan saya posting di artikel yang selanjutnya.

Semoga Bermanfaat :)


Related Posts:

  • Promo Hosting GRATIS selama satu tahun!
  • 1 Response to "Cara Menyembunyikan File atau Folder"

    Dilarang komentar spam, rasis, dan mengandung link. Komentar anda tidak langsung muncul karena harus kami moderasi, jadi cukup komentar satu kali saja.