Penyebab BlueScreen dan Solusinya

BSOD (Blue Screen Of Death) atau biasa disebut dengan Bluescreen saja, adalah istilah yang populer untuk menyebut layar biru yang terjadi di Microsoft Windows karena sistem operasi tersebut mengalami kesalahan sistem atau masalah lainnya. Kesalahan tersebut diantaranya, driver program yang tidak cocok, kesalahan pada memori, penggunaan DLL file yang tidak cocok atau registy yang rusak. Bluescreen terjadi di berbagai versi Windows seperti Windows NT, XP, Vista, 7 atau 8.  Bluesceen merupakan pengganti  , ada  Black Screen of Death yang ada di OS/2 atau MS-DOS, atau Red Screen Of Death (RSOD) yang pernah terjadi di Windows Vista. Hal lucu dari BSOD adalah pada tahun 1998 yang saat Bill Gates yang saat itu menjadi CEO Microsoft sedang mempresentasikan Microsoft Windows 98 tiba-tiba crash dan menampilkan Bluesreen saat asistennya Chris Caposella menghubungkan Scanner ke komputer yang bersistem operasi windows 98 tersebut, hal itu menimbulkan gelak tawa dan tepuk tangan dari penonton.


Berikut ini data kode yang biasanya ditampilkan oleh bluescreen :


DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini berarti slot pada motherboard rusak atau berdebu, biasanya slot yang bermasalah adalah pada slot memori. Untuk mengatasinya Anda bersihkan slot-slot yang ada pada mobo terutama slot memori.

PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini berarti telah terjadi masalah pada RAM, periksa apakah RAM rusak atau tidak. Solusinya Anda cabut RAM-nya dan bersihkan slot dan RAM-nya, bersihkan RAM dengan penghapus.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini berarti telah terjadi kesalahan pada pengaturan pemasangan jumper, driver IDE controler, atau kesalahan pada saat installasi driver chipset.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini berarti disebabkan oleh kerusakan Prosesor, atau juga bisa disebabkan oleh kerusakan/ kekurangan daya pada power supply. Anda harus menjaga suhu prosesor agar tetap terjaga, tapi bila tetap muncul pesan error ini artinya prosesor atau PSU Anda sudah mau tutup usia.

BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini biasanya terjadi karena kesalahan pada saat menginstall atau mengupgrade driver, karena ini memaksakan sehingga komputer mengalami blue screen.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware pada komputer Anda, bisa jadi RAM, VGA, atau memory di prosesor (L2 Cache)

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Masalah ini terjadi bisa karena kesalahan pada saat menginstall driver, terjadinya timpang tindih/ bentrok pada driver yang biasanya terjadi ketika pengguna menginstall/ update driver baru sedangkan driver lama tidak terhapus/ dihapus (berhati-hatilah bagi Anda yang gemar update/ coba-coba install driver baru). Selain itu kesalahan ini pun bisa terjadi karena pengaturan/ penginstallan driver VGA dan Audio Sound.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan ini muncul terjadi karena Prosesor terlalu panas, cek kipas prosesor. Bisa juga disebabkan karena overclocking yang melebihi performa batas prosesor. Atau terjadi masalah pada motherboard.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan saat install driver video card atau VGA. Solusinya install driver VGA yang sesuai dengan OS dan tipe sistem yang digunakan.

Sedikit Tips jika mengatasi Bluescreen:

1. Buka Control Panel > Sysem and Security > System
2. Kemudian klik System Protection yang berada disebelah kanan 
3. Buka tab Advanced , kemudian klik tombol settings yang berada di bawah judul Startup and Recovery

4. Ubah Automatic Memory Dump menjadi Small Memory Dump (128) yang berada dibawah judul write debugging information
5. Klik OK


Semoga Bermanfaat

Related Posts:

  • Promo Hosting GRATIS selama satu tahun!
  • 8 Responses to "Penyebab BlueScreen dan Solusinya"

    1. thanks ya gan,,,sngat bermanfaat infonya,,
      soalnya ane sering main game truz tiba2 bluescreen...

      ReplyDelete
    2. mantap infonya.... ada aplikasi nda yg bisa perbaiki bluscreen?

      ReplyDelete
      Replies
      1. kurang tahu gan,mungkin ada untuk mendiagnosa bluescreen

        Delete
    3. Replies
      1. silakan, asal kalau mau di posting lagi di blog, harap gunakan gaya bahasa yang berbeda

        Delete
    4. terimakasih tambahan informasinya
      salam kenal admin kumpulankonsultasi

      ReplyDelete
    5. terima kasih mas, artikel nya bermanfaat, buat jaga-jaga agar gak kena blue screen lagi ..

      ReplyDelete

    Dilarang komentar spam, rasis, dan mengandung link. Komentar anda tidak langsung muncul karena harus kami moderasi, jadi cukup komentar satu kali saja.